5 Contoh Hidup Rukun di Sekolah

Contoh Hidup Rukun di Sekolah

Sekolah adalah rumah kedua bagi para siswa dan pelajar. Tentu kita tak ingin merasa tidak nyaman berada di rumah sendiri, dengan cara hidup tidak rukun sesama teman.

Hal ini kadang yang membuat para siswa enggan masuk sekolah, acuh tak acuh terhadap tugas yang diberikan, bahkan bolos sekolah. Kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara atau contoh hidup Rukun disekolah?

1. Tidak Berkelahi

Berkelahi adalah cara yang paling mudah dalam menciptakan permusuhan dan merusak kerukunan. Berkelahi disini bisa jadi dalam perbuatan (pukul memukul), atau dalam perkataan(saling ejek mengejek). Dua duanya merupakan sikap yang tercela dan harus dijauhi.

Tidak hanya bisa membuat permusuhan, berkelahi juga akan merusak pertemanan yang selama ini telah kita bangun.

2. Menghargai perbedaan

Perbedaan suku, agama, ras adalah hal yang biasa di Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dalam sekolah umum misalnya, tak jarang teman sekelas kita ada yang berbeda agama, atau guru kita sendiri adalah orang yang berbeda agama.

Tentu jika berbicara tentang suku, perbedaannya sudah lebih banyak lagi. Tak jarang dalam satu kelas ada 7 suku yang berbeda bahkan lebih. Maka dari itu kerukunan tercipta dengan menghargai perbedaan, bukan mempermasalahkan dan mempertanyakan perbedaan.

Baca Juga : 10 Contoh menghargai orang lain

3.Mencintai dan mengasihi sesama teman

Contohnya jika ada teman yang kesusahan dalam memahami pelajaran, ada baiknya kita mengajarinya agar ia lebih paham. Percayalah ilmu akan selalu bertambah jika dibagikan. Maka dari itu ada baiknya kita membantu teman.
Menjenguk teman ketika sakit juga termasuk salah satu contoh mengasihi sesama teman.

4. Tidak memilih milih teman

Apapun agamanya, warna kulitnya, ras maupun sukunya, memilih milih teman adalah hal yang tak sepatutnya dilakukan. Hal ini sering kali kita temukan di sekolah, para siswa membuat geng dan kelompoknya masing masing. Sekolah adalah tempat mencari ilmu, teman dan pergaulan. Percayalah setelah masa sekolah, akan sangat sulit mendapatkan teman, walaupun hanya sebatas teman mengobrol.

Kita juga tak pernah tau, teman mana yang nantinya membantu kita setelah tamat dari sekolah. Mungkin orang yang paling kita benci saat ini, nantinya akan membantu kita ketika sudah tamat dari lingkungan sekolah.

5. Tidak menghina teman, baik didepan maupun dibelakangnya.

Cara menjaga kerukunan yang terakhir adalah dengan tidak menghina teman. Tentu ketika kita dihina oleh seseorang, kita sudah malas untuk berbicara, bahkan berpapasan dengan orang tersebut. Karena kita berfikir jika ia bisa menghina kita di depan wajah kita, ia pun pasti bisa menghina kita di hadapan orang lain.

Sebagaimana kita tak suka di hina, begitu juga dengan orang lain. Maka dari itu, ada pesan dalam agama yang mengatakan ' Jika tak bisa berkata baik, maka diamlah, diam itu adalah emas'.

Oke teman teman, terimakasih sudah membaca, semoga membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Contoh Hidup Rukun di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel