7 Tujuan pemerintah menerapkan wajib belajar 12 tahun

Tujuan Penerapan Wajib Belajar 12 Tahun

Belajar tentu saja merupakan kewajiban, bukan karena itu merupakan perintah agama dan negara. Belajar juga merupakan kewajiban karena belajar memberi kita kesempatan untuk melihat dunia dari perspektif yang berbeda.

Kata pepatah belajar merupakan jendela dunia, karena ia memberi kesempatan pada orang orang untuk mendapatkan pengetahuan tetang dunia, menjadi bekal ketika ia mendapatkan pekerjaan dan lain sebagainya. Belajar juga menjadi senjata seseorang, yaitu senjata intelektual dalam menaklukkan lawannya dalam bicara maupun debat.

Mengapa Pemerintah menggalakkan wajib belajar 12 tahun? Tentu saja bukan tanpa alasan. Hal itu akan kita bahas selanjutnya dibawah:

7. Bekal Mendapatkan pekerjaan

Tentu pemerintah tak ingin seseorang menjadi pengangguran, dengan begitu sekolah 12 tahun memberikan warganya sedikit bekal untuk mendapat pekerjaan, apalagi dengan adanya Sekolah Kejuruan (SMK) yang sedikit banyaknya memberikan para siswa insight atau sedikit gambaran tentang bagaimana dunia kerja dan bagaimana merekea harus mendapatinya.

6. Menjadi warga yang lebih pintar

Maraknya kasus penipuan yang terjadi merupakan kasus dimana para warganya kurang teliti dan kurang bisa menyerap informasi dengan baik, sehingga kasus penipuan umum yang modusnya telah tersebar luas di masyarakatpun, masih membuat orang ada yang tertipu.

5.Faham Literasi

Tujuan wajib belajar 12 tahun
Ilustrasi belajar

Warga yang lebih faham literasi, fikirannya akan menjadi open-minded dan tidak kaku. Ia bisa memandang dunia dari berbagai sisi dan sudut pandang. Jika warganya punya literasi yang baik, maka kasus seperti terrorisme akan sulit untuk berkembang.

4.Tau Sejarah Bangsa

Sejarah adalah hal yang penting untuk tau siapa dan apa jati diri bangsa kita. Yaitu bangsa yang tidak mudah menyerah, tidak pernah takut dan terus semangat berjuang. Maka dari itu bung karno mengatakan : Jas Merah (Jangan sekali kali lupakan sejarah) .

3. Sadar akan Norma yang Berlaku

Hal lain mengapa pemerintah mau mengeluarkan dana untuk mewajibkan belajar 12 tahun adalah kita sadar dengan Norma dan adat setempat yang berlaku.

Jika berada di aceh, maka hidup layaknya warga aceh, Jika berada di bali, maka hidup layaknya warga bali, Dalam artian patuhi dan hormati adat dan aturan setempat yang berlaku . Jangan melanggar norma norma yang dilarang ketika berada di tempat tertentu, dengan begitu akan terjadi keamanan dan kenyamanan diantar warga sekitar.

2. Sadar akan Hukum

Indonesia adalah negara hukum, suka atau tidak, hampir setiap hal yang kita lakukan diatur oleh hukum. Maka dari itu, sekolah memberikan kita dasar dasar hukum yang harus diketahui sebagai warga yang baik, seperti aturan demo, hukum pidana atau hukum" dasar seperti tidak mencaci, tidak melanggar lampu merah, dan lain sebagainya.

1. Menjadi Warga Negara yang Baik

Tentu maksud dari pemerintah menerapkan hal tersebut adalah untuk menjadikan kita warga negara yang lebih baik, karena sejatinya tidak ada pemimpin yang ingin rakyatnya melanggar hukum , tidak taat pada aturan, dan ikutan berdemo 'walaupun tanpa mengetahui jelas kenapa ia berdemo' dan semacamnya.
Tentu demonstrasi merupakan bagian dari demokrasi, tetapi kita harus tau dulu alasan jelas dari hal tersebut.

Oke, semoga artikel kali ini bisa dimengerti dan bermanfaat buat teman teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "7 Tujuan pemerintah menerapkan wajib belajar 12 tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel