Cara Menerapkan PPKM di Sekolah

Pandemi tak kunjung usai membuat beberapa sekolah mengeluarkan kebijakan untuk bersekolah di sekolah, tidak lagi melalui online. Walaupun telah dilarang pemerintah karena bisa membahayakan, tetapi tetap ada sekolah yang melakukan proses belajar mengajar di sekolah, khususnya sekolah swasta.

Kali ini kita membahas bagaimana cara penerapan PPKM disekolah yang semoga bisa menjadi masukan bagi sekolah yang telah membuka kegiatan belajar mengajarnya di lingkungan sekolah.

Cara Menerapkan PPKM di Sekolah


1. Melakukan 3M

3M adalah protokol kesehatan utama yang digalakkan oleh nakes(tenaga kesehatan) maupun pemerintah, 3M ini meliputi menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

Di sekolah, harus diakui hal ini sulit dilakukan, tetapi jika guru dan siswa mau bekerja sama dengan baik, hal ini tentu saja bisa dilakukan.

2. Memakai hand sanitizer sebelum masuk kelas.

Sekolah harus menyediakan tempat cuci tangan atau minimal hand sanitizer yang bisa dipakai siswa sebelum memasuki kelas. Tentu saja karena hand sanitizer bisa mencegah dan membasmi virus yang menempel di tangan seseorang.

3. Guru harus memakai masker saat mengajar

Guru wajib memakai masker, karena droplet(percikan liur) bisa jadi merupakan cara penularan virus covid-19.

Harusnya jangan ada lagi guru yang percaya bahwa covid itu konspirasi, diada-adain dan sebagainya. Tentu kita boleh percaya seperti itu, karena hakikatnya manusia itu bebas berfikir (free-think), tapi jika ada peraturan dari pemerintahan, guru harusnya tidak egois dan menjalankan perintah tersebut, demi kebaikan orang banyak.

4. Menerapkan jam istirahat berbeda bagi siswa

Cara Menerapkan PPKM di Sekolah

Ini sangat penting, apalagi disekolah yang muridnya sangat ramai, karena bisa terjadi penumpukan siswa di kantin, apalagi ada beberapa siswa yang suka nongkrong dikantin kan? , malah makin ramai nanti.

Misalnya jika istirahat itu 30 menit, maka kelas 1-4 boleh keluar kelas di jam 10:00 - 10:15, sedangkan kelas 5 dan 6 di jam 10:15 - 10:30. Cara ini bisa meminimalisir terjadinya kerumunan di kantin sekolah.

5. Jangan bersalaman dulu

Aktifitas bersalaman di sekolah, saya rasa harus dihentikan dulu sementara, karena bisa menjadi cara penyebaran virus, baik dari guru ke siswa maupun sebaliknya.

6. Mengetes tinggi suhu sebelum masuk ke sekolah

Ini protokol yang sangat penting, karena inidikasi covid ditunjukkan dengan gejala demam tinggi, oleh karena itu, jika masuk ke mall atau restoran saja harus dicek suhu, maka sekolah harus lebih patuh dengan kebijakan ini.

Siswa yang suhunya tinggi saat di tes, maka harus diberitahu ke orang tuanya, dipulangkan dan diabsen dengan catatan sakit.

Kesimpulan PPKM di sekolah

Menurut saya, kebijakan beberapa sekolah untuk membuka kembali sekolah walaupun pandemi masih berlangsung tentu saja kurang baik, Karena kita tak bisa menjaga dan mengetahui sepenuhnya darimana saja siswa itu berasal. Mungkin ada salah satu dari keluarganya yang covid dan menyebarkan ke siswa lain, kemungkinan seperti ini bisa saja terjadi.

Dan pihak sekolah juga tak bisa memaksa para siswa untuk memakai masker berjam jam lamanya saat berada di sekolah.

Walaupun begitu, jika sekiranya ada guru yang membaca ini, saya harap untuk memikirkan kembali kebijakannya untuk membuka sekolah, dan bagi para siswa, tetap jaga jarak ya dik, kalau kalian kena covid saya rasa bakalan sembuh, tapi ingat juga kemungkinan keluarga tertular dari kalian juga ada..

Oke, sampai disini dulu pembahasan kita tentang PPKM di sekolah, semoga membantu dan bermanfaat , dan jangan lupa membaca artikel tentang sekolah lainnya di website Backsekolah.com. Terimakasih..

Belum ada Komentar untuk "Cara Menerapkan PPKM di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel