Tujuan Utama dari Pembuatan Teks Negosiasi

Tujuan teks negosiasi - Dalam arti umumnya, negosiasi adalah interaksi untuk mencapai penyelesaian, kesepakatan dan persetujuan bersama atas sesuatu hal demi kepentingan bersama, tanpa merugikan salah satu pihak.

Nah, setelah tau arti umumnya, lalu apakah Tujuan dari teks negosiasi sebenarnya?

Tujuan teks Negosiasi

Tujuan Utama dari Pembuatan Teks Negosiasi

1. Untuk mengatasi dan menyesuaikan perbedaan

Perbedaan disini maksudnya adalah perbedaan argumen dan perbedaan kemauan. Argumen dan kemauan yang berbeda tentang nilai, harga dan kesepakatan sesuatu barang adalah nilai pokok yang selalu didiskusikan dalam negosiasi.

2. Memperoleh sesuatu dari pihak yang lain

Akhir atau tujuan dari negosiasi adalah memperoleh sesuatu yang diinginkan, dengan demikian, negoisasi haruslah mencapai tahap persetujuan bersama sebelum akhirnya mendapatkan hal yang diinginkan.

3. Untuk mencapai kesepakatan yang diterima kedua belah pihak

Tanpa kesepakatan bersama, artinya negoisasi adalah kegagalan. Jika suatu pihak memaksakan kehendak, artinya hal ini tidak bisa disebut sebagai negosiasi, tetapi lebih kepada pemaksaan dan ancaman.

Seperti yang kita lihat dalam sejarah dunia, banyak negara negara super power yang melakukan "negoisasi" dengan ancaman, yang sebenarnya tidak bisa disebut sebagai negosiasi.

4. Menyelesaikan sengketa atau perselisihan pendapat.

Seperti halnya poin poin sebelumnya, negosiasi harus bisa menyelesaikan masalah dan menyatukan pendapat, sebelum akhirnya mencapai tahap deal atau persetujuan. Perselisihan pendapat harus diselesaikan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dalam negosiasi.

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Utama dari Pembuatan Teks Negosiasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel