10 Bukti Cinta Kepada Nabi dan Rasul

Bukti cinta kepada nabi dan rasul bisa ditunjukkan dalam berbagai cara. Mulai dari perbuatan, tindakan, hingga perkataan. Kita sebagai muslim, haruslah mencintai nabi dan rasul karena mereka adalah manusia pilihan dan suri tauladan yang baik bagi manusia.

Bukti-Cinta-Kepada-Nabi-dan-Rasul

Para nabi dan rasul adalah manusia yang sangat sabar dalam menjalni hidup. Cobaan demi cobaan telah diberikan Allah pada mereka, tapi mereka tetap tegar dalam menjalani hidup, tidak mengeluh, dan senantiasa yakin kalau rencana Allah itu lebih baik dari apa yang kita fikirkan.

Lalu apa buktinya kalian cinta kepada nabi dan rasul? Yuk kita simak sama sama.

Bukti Cinta Kepada Nabi dan Rasul



1. Meneladani Akhlak dan Budi Pekerti mereka

Rasul digelar sebagai uswatun hasanah ( contoh tauladan yang baik), bukan hanya bagi umat islam, tetapi bagi semua orang. Sikapnya yang lemah lembut, pribadi yang arif dan bijaksana, serta bisa memberi keputusan yang tepat adalah hal yang harus kita teladani dari Rasulullah.

2. Mengikuti ajarannya

Ajaran rasul bukan hanya tauhid dan menyembah Allah, banyak hal lain seperti berbuat baik kepada tetangga, berkata kata yang baik, melakukan hal yang baik dengan tangan kanan, semua itu adalah ajaran yang bisa kita ikuti dalam kehidupan sehari hari.

3. Mempelajari sirah / kisah hidupnya

Bukti-Cinta-Kepada-Nabi-dan-Rasul

Membaca dan mempelajari Sirah nabawi atau kisah para nabi adalah salah satu cara mencintai nabi. Dengan begitu, kita jadi semakin yakin dan semakin cinta kepada akhlak dan perlakuan nabi di semasa hidupnya.

4. Mengambil pembelajaran dari kisah kisahnya

Setelah membaca dan mempelajari kisahnya, kita harus mengambil pelajaran. Misalnya bagaimana sikap nabi kepada pembantunya, kepada rakyatnya, pada istrinya, semua itu bisa dipelajari dan diamalkan.

5. Mengikuti sunnahnya

Sunnah yang harus diikuti sangat banyak, salah satunya adalah menyantuni anak yatim, berbuat baik kepada sesama dan bermanfaat bagi orang lain.

6. Bersholawat kepadanya

BerSholawat adalah bentuk cinta yang paling ringan dilakukan tapi besar balasannya, selain itu, Nabi berkata bahwa bersholawat punya banyak manfaat, salah satunya adalah diberikan syafaat atau pertolongan oleh nabi di hari kiamat nanti.

7. Mencintai orang orang yang dicintai nabi

Bukti-Cinta-Kepada-Nabi-dan-Rasul

Banyak orang yang dicintai nabi selama hidupnya karena sifat dan karakternya, diantara orang yang paling dicintai nabi adalah khadijah r.a, istri pertama beliau, Abu bakar Ash-Shiddiq , orang yang sangat percaya pada Rasulullah ketika semua orang menganggapnya bohong, Ali bin Abi Thalib , orang kepercayaan sekaligus menantu nabi SAW.

8. Membenci hal yang dibenci nabi

Sama halnya seperti poin 7, nabi juga membenci, tetapi bukan manusianya, melainkan sifatnya. Diantara sifat yang paling dibenci nabi adalah sombong, pendusta dan pembohong.

9. Meneladani Kesabarannya

Tak bisa dipungkiri bahwa para nabi dan rasul diberi ujian lebih berat dari manusia biasa, karena mereka adalah orang orang pilihan. Kita harus mencontoh setidaknya secuil dari kesabaran mereka.

Salah satunya kesabaran nabi Nuh, yang berdakwah 900 tahun hanya punya pengikut sekitar 70 orang saja. Tetapi ia tetap berdakwah dan tidak putus asa terhadap kaumnya.

10. Bercita cita bertemu nabi di hari kiamat

Salah satu mimpi dan cita cita setiap muslim yang beriman adalah bertemu nabi di hari kiamat. Nabi SAW. Pernah bersabda bahwa setiap orang akan dikumpulkan dengan yang mereka cintai di hari kiamat.

Jika kita mencintai nabi dengan setulus hati, insya Allah pasti nanti bisa dipertemukan langsung dengan nabi Muhammad dan menjadi bagian ummatnya yang berada bersama hingga ke syurga. Okelah sahabat Backsekolah.com, sampai disini saja artikel tentang 10 bukti cinta kepada nabi dan rasul, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Belum ada Komentar untuk "10 Bukti Cinta Kepada Nabi dan Rasul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel